7 Makanan Sehat Ini Ternyata Berbahaya !

Pepatah mengatakan "Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik". Termasuk makanan yang dikonsumsi secara berlebihan. Bukannya menjadikan tubuh kita sehat, tetapi malah sebaliknya. Memang benar adanya bahwa makanan sehat yang di konsumsi secara berlebihan justru akan membuat tubuh menjadi tak sehat. 

Berikut ini 7 makanan sehat yang ternyata berbahaya jika dikonsumsi terlalu banyak. Apa saja itu?

1. Biji Pala


Anda pasti sudah tidak asing dengan bahan makanan yang satu ini. Karena kebanyakan masakan di Indonesia menggunakan biji pala sebagai penyedap rasa. Namun perlu anda ketahui bahwa mengonsumsi biji pala secara berlebihan akan menyebabkan seseorang merasa berhalusinasi, merasa cemas, dan merasa takut. Mirip sama kencanduan Narkoba yah.

2. Ikan Tuna


Tak bisa dipungkiri bahwa ikan tuna memiliki kandungan protein yang besar. Namun, Ikan Tuna juga bisa dibilang pemilik takhta tertinggi dalam rantai makanan. Nah hal ini membuat ikan tuna mengandung banyak merkuri akibat dari akumulasi mangsa yang juga memakan ikan lainnya. Jika ikan ini di konsumsi lebih dari 7 ons per minggu, tubuh kita akan keracunan merkuri dari ikan tuna tersebut. Oleh karena itu, tuna jangan sampai dikonsumsi melebehi 7ons per minggu. Khususnya oleh wanita hamil.

3. Belimbing

Belimbing banyak kita jumpai dari pedagang kaki lima sampai mall besar di perkotaan. Buah ini memang memiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Namun, mengonsumsi belimbing terlalu banyak, dapat mengakibatkan tubuh kita keracunan. Adapun gejalanya seperti cegukan, muntah, tekanan darah rendah, lemas, dan kejang. Dalam beberapa kasus, keracunan belimbing dapat menyebabkan gagal ginjal. Ini dapat terjadi karena peran belimbing dalam tubuh kita adalah sebagai depresan pada sistem saraf pusat, seperti halnya alkohol. Boleh saja mengonsumsi buah ini, Tapi jangan berlebihan.

4. Wortel


Wortel, memliki zat betakaroten yang berguna memberi warna oranye pada wortel dan akan larut di dalam lemak. Al hasil tubuh akan menyimpannya dan di proses kemudian hari. Nah, mengonsumsi wortel terlalu banyak akan mengakibatkan tubuh kita menyimpan betakaroten yang berlebihan. Akibatnya betakaroten tersebut membuat tubuh kita khusunya kulit menjadi berwarna oranye seperti wortel. Kejadian ini paling sering terjadi pada bayi dan anak-anak. Bayangkan saja bila tubuhmu berwana Oranye seperti Nemo hehehe. 

5. Tomat


Tomat mengandung banyak sekali asam. Dan jika terlalu banyak asupan asam yang masuk ke dalam tubuh kita, dapat menyebabkan refluks / peradangan pada esofagus. Rasa panas dari dada sampai tenggorakan adalah salah satu gejala dari Refluks. Parahnya refluks ini bisa berkembang menjadi Kanker esofagus jika tak segera diatasi. Maka dari itu, dianjurkan untuk mengonsumsi tomat 2x sehari. Jangan berlebihan tentunya :D

6. Bayam


Sayuran hijau kesukaan Popeye ini adalah sumber protein, serat, mineral dan berbagai jenis vitamin. Bayam juga mengandung lutein yang dapat mencegah degenerasi makula (penyebab umum rabun dan kebutaan). Namun, bayam juga tinggi oksalat dalam yaitu senyawa yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. So, untuk mencegah hal itu terjadi dianjurkan jangan mengonsumsi Bayam terlalu banyak. 

7. Kedelai


Kedelai berperan membantu mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun, Jika dikonsumsi berlebihan bisa berpotensi menyebabkan anemia. Juga  untuk wanita karena kedelai mengandung senyawa isoflavon (mirip estrogen), mengonsumsi kedelai dalam jumlah besar berpotensi menyebabkan kanker rahim. Maka dari itu dianjurkan mengonsumsi kedelai cukup dua porsi per hari atau kurang.

Nah itulah beberapa makanan sehat yang berbahaya bagi tubuh kita jika dikonsumsi terlalu banyak. Sebetulanya masih banyak jenis makanan yang seperti itu, Namun akan saya bahas lain waktu. hehehe
Sampai jumpa. :)

Bebas berkomentar dan bertanya. Live Link otomatis masuk kandang SPAM.
EmoticonEmoticon