Benarkah Letusan Toba Termasuk Paling Dasyat di Dunia ?

Gunung Toba - Mendengar kata Toba kamu pasti teringat akan sebuah danau yang ada di provinsi Sumatra Utara. Danau yang luasnya 1.130 Km2 ini ternyata menyimpan sebuah misteri yang menggemparkan dunia. Siapa sangka bahwa Danau yang terlihat begitu indah tersebut adalah sebuah Kaldera dari sebuah gunung berapi yang meletus sekitar 73.000 - 75.000 tahun yang lalu. 

Benarkah Letusan Toba Termasuk Paling Dasyat di Dunia ?
Danau Toba - Pic by id.wikipedia.org

Seperti yang dilansir dari Bill Rose, seorang Ilmuwan yang berasal dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa jumlah total material pada letusan Gunung Toba kurang lebih 2.000 km3 - 2.800 km3 dari Ignimbrit yang mengalir di atas tanah. Kemudian sekitar 800 km3 material tersebut menjadi abu yang terbang mengarah ke barat (daratan Eropa). Aliran piroklastik dari letusan tersebut telah menghancurkan area seluas 20.000 kmdengan deposito abu setebal 600 m yang berasal dari kawah utama. 

Benarkah Letusan Toba Termasuk Paling Dasyat di Dunia ?
Ilustrasi Gunung Toba - Pic by id.wikipedia.org

Dengan perhitungan jumlah material yang dikeluarkan si Toba, akhirnya lahir sejarah baru dari peradaban manusia dimana Letusan Supervolcano Gunung Toba merupakan letusan gunung berapi paling dasyat yang pernah ada di Planet Bumi ini. Akibat dari letusan ini, sekitar 60% dari jumlah populasi manusia bumi saat itu yaitu 60 juta manusia musnah dan juga menyebabkan terjadinya zaman es. Hal ini diketahui setelah beliau (Bill Rose) dan temannya menemukan relief abu vulkanik di Kutub Utara yang mana setelah diteliti unsur dari Abu tersebut hanya cocok dengan tanah yang ada di sekitar danau Toba. Selanjutnya dampak dari letusan tersebut menyisakan sebuah kaldera yang kemudian kita kenal dengan nama Danau Toba.

Mengerikan sekali bukan? bayangkan jika letusan tersebut terjadi pada zaman kita sekarang ini. hiiiii... 
Yang perlu anda ketahui, tekanan ke atas oleh magma yang masih tersisa menyebabkan munculnya Pulau Samosir yang berada ditengah Danau Toba. Jadi bisa dibilang bahwa pulau Samosir adalah anak dari Gunung Toba. Waduh! berarti Samosir bisa meletus dong? Tenang saja, Dibutuhkan ribuan tahun bahkan jutaaan tahun untuk membangunkan si Toba. Mungkin saja, ketika si Toba bangun itulah tanda dari akhir dunia. Wallahualam

Masih banyak misteri - misteri di dunia ini yang masih belum terungkap. Sebagai manusia kita hanya bisa berusaha dan berserah diri agar Tuhan selalu melindungi diri kita dimana pun berada.

Bebas berkomentar tapi NO live link. Buat kebaikan bersama :)
EmoticonEmoticon