Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Sudahkah Kamu Ucapkan?

Tahun 2014 telah usai. Banyak sekali pengalamanan baik maupun buruk yang kita dapat ditahun yang lalu. Dan kini kita memasuki hari ketiga di tahun 2015. Tentunya harapan atau keinginan mungkin juga perlu dibuat untuk menyambut tahun yang akan datang. Banyak dari kita dan sebagian umat islam yang menaruh harapan serta keinginan kedalam bentuk doa akhir tahun yang dilafalkan sebagai berikut. 

Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Sudahkah Kamu Ucapkan?

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim Alhamdulillaahirobbil AalaminWa sallallaahu ‘ala sayyidinaa wa maulaanaa Muhammadiw wa ‘alaa aalihi wa sahbihii Ajma’iin. Allaahumma maa ‘amilna fi haazihis-sanati mimmaa nahaitana ‘anhu fa lam natub minhu wa lam tardhahuu wa lam tansahuu wa halimta ‘alayna ba’da qudratika ‘alaa uquubatina wa da’autana ilattaubati minhu ba’da jur’atina alaa ma’siyatika fa innana nastagfiruka fagfirlii wa maa ‘amilna fiihaa mimma tardhaahu wa wa’attana ‘alaihis-sawaaba fanas’alukallahumma yaa kariimu yaa zal-jalaali wal ikraam,an tataqabbalahuu minna wa laa taqta’ rajaa’na minkaa yaa kariim, wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadiw wa ‘alaa ‘aalihii wa sahbihii wa sallam wal hamdulillaahi robbil aalamiin.

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW,beserta para keluarga dan sahabatnya.Ya Allah,segala yang telah kami kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu, sedang kami belum bertaubat, padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk kami, dan Engkau telah mengajak kami untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat. Karena itu ya Allah, kami mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada kami dengan kemurahan-Mu. Segala apa yang telah kami kerjakan, selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, kami mohon kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan, semoga berkenan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad, keluarga dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam. Aamiin yaa rabbal ‘alamin.
Apakah doa ini hukumnya mutlak dan wajib diucapkan ? Meskipun banyak ulama yang masih meperdebatkan hukum dari doa ini, tapi jika menurut pendapat saya Doa ini hanyalah sebagai wujud syukur kita dari apa yang kita alami di tahun lalu dan sebagai harapan menuju kehidupan yang lebih baik untuk kedepannya. Dalam Islam semua hari, minggu dan tahun itu baik. Tidak ada yang buruk karena sudah diatur oleh Allah SWT. Doa ini seperti halnya jika kita mengucapkan,
Ya Allah terimakasih atas apa yang Engkau berikan pada hari ini  dan semoga Engkau selalu memberi perlindungan kepadaku, Ibuku, Ayahku dan seluruh Keluargaku dihari yang akan datang. Amin
Kalimat diatas juga merupakan doa. Apa yang kita ucapkan dengan maksud baik itu semua adalah doa. Sudah waktunya kita berhenti berdebat akan hal yang sepele. Memang sebegai umat Islam kita harus bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Meskipun begitu kita tidak boleh menghalangi hak orang lain untuk berharap kebaikan atas apa yang terjadi di dalam hidupnya. Setiap Agama memiliki ajaran yang berbeda-beda terhadap umatnya. Namun tujuan dari semua Agama hanyalah satu, Berbuat kebaikan dan meninggalkan keburukan. Toleransi antar umat beragama itu penting. 

Semoga bangsa Indonesia kedepannya selalu diberi keselamatan dan perlindungan oleh Allah swt. Akhir kata, Terimakasih dan Sampai jumpa.

Bebas berkomentar tapi NO live link. Buat kebaikan bersama :)
EmoticonEmoticon