Menambah RAM di Android Ternyata Bahaya

Tags

Mungkin banyak sekali dari user Android yang mempunyai masalah dengan ponselnya. Baik itu Android versi atas maupun menengah. Salah satu dari permasalahan itu adalah RAM yang penuh. Memang masalah RAM penuh menjadi suatu yang menyebalkan. Apalagi jika ponsel kita terasa sangat lambat bahkan Lag. Untuk sekarang ini permasalahan RAM tidak hanya terjadi untuk ponsel dengan kapasitas RAM kecil, tapi juga ponsel yang berkapasitas RAM besar. Kamu tahu apa penyebabnya? ya banyaknya aplikasi yang kamu instal dan aktif pada waktu bersamaan. Contoh saja seperti Facebook, Twitter, apalagi BBM. Aplikasi tersebut pasti ada di ponselmu. Dan semuanya pastinya aktif secara bersamaan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut muncul banyak sekali cara seperti meningkatkan performa ponsel, menghapus cache dan menambah kapasitas RAM. Namun untuk kali ini saya akan membahas tentang bahaya menambah kapasitas RAM. Ada beberapa hal yang perlu kamu tahu sebelum kamu memutuskan untuk menambah kapasitas ram ponselmu. Apa itu? disini akan saya jelaskan. 



1. Overclock

Menambah kapasitas RAM ponsel sama hal nya dengan overclock. Nah overclock merupakan istilah dari meningkatkan kinerja processor untuk menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. Meskipun peningkatan kinerja proci tidak berlipat ganda, akan tetapi cara ini juga memiliki efek yang cukup terasa. Nah semakin besar ukuran overclock suatu ponsel Android, kinerja ponsel tersebut pun akan semakin tinggi. Namun perlu kamu tahu, bahwa ini juga bisa menjadi masalah yang serius bagi ponselmu dalam jangka panjang. 

2. Memory External

Sebenarnya ukuran RAM itu tidak bisa ditambah. Dalam artian RAM tersebut di bantu dengan adanya virtual memory yang dibuat menggunakan sebagian dari kapasitas memory eksternal. Virtual memory tersebut nantinya akan menjadi penyimpanan data sementara dengan kata lain data yang ada di RAM akan dipindahkan sebagian ke virtual memory. Nah dengan penggunaan memory eksternal sebagai virtual memory yang dialokasikan untuk RAM maka bisa membuat umur dari memory eksternal tersebut semakin pendek alias cepat rusak. 


3. Memory Internal

Cara menambah RAM dengan menggunakan memory internal biasa disebut ZRAM. Cara ini menjadikan sebagian besar kapasitas memory internal sebagai memory tambahan untuk RAM. Nah bahaya meningkatkan RAM ponsel Android dengan cara ini adalah bisa membuat kerja dari memory internal menjadi lebih ekstra. Apalagi jika kamu terlalu banyak menggunakan aplikasi aktif atau bermain Game. Akibatnya suhu ponselmu akan meningkat dan bisa membuat daya tahan baterai ponsel Android kamu menjadi lebih lemah. Efek jangka panjang adalah kerusakan baterai seperti cepat habis dan ngedrop. 


3 hal tersebut harus kamu perhatikan sebelum kamu memutuskan untuk menambah kapasitas RAM. Saya bisa mengerti hal ini karena saya pernah bergelut di dunia developing Android dibawah asuhan mastah Ncez Albertus. Jika kamu memang siap menerima resiko tersebut, it's ok. Pastikan kamu mengerti seluk beluk Android sebelum kamu memutuskan untuk mengotak-atiknya. 

Sampai jumpa dan Selamat NgOprek :D

Bebas berkomentar tapi NO live link. Buat kebaikan bersama :)
EmoticonEmoticon