Solusi Baterai Android Boros / Cepat Habis

Tags

Masih tentang Baterai Android yang boros atau cepat habis. Tadi saya sudah membahas beberapa hal yang menyebabkan baterai android cepat habis. Nah sekarang giliran solusi baterai android yang boros atau cepat habis. Memang daya baterai yang lemah sudah pasti sangat menjengkelkan. Apalagi jika kita sedang dalam perjalanan jauh dan tidak mempunyai powerbank. Oke tanpa basa-basi lagi saya akan mulai  membahas Solusi Baterai Android Boros atau Cepat Habis



1. Minimalkan penggunaan Aplikasi Facebook

Seperti yang sudah saya bahas di artikel sebelumnya, bahwa facebook adalah salah satu penyebab utama baterai android kamu cepat habis. Solusinya minimalkan penggunaan Facebook. Seperti matikan notifikasi pesan, like dan komentar facebook. Ini akan membantu meringankan kerja dari Android dan akhirnya daya yang dipakai pun tidak akan terlalu banyak. 

2. Batasi Notifikasi BBM

BBM memang aplikasi yang sangat berat. Mulai dari banyaknya pemakaian RAM sampai pemakaian daya baterai. Oleh karena itu solusi untuk hal ini adalah batasi notifikasi BBM seperti matikan update notifikasi dan sinkronisasi contact. Saya jamin 80% baterai kamu akan lebih lebih irit dari sebelumnya. 

3. Matikan fitur Auto-sinkronisasi pada Email Client

Point ke 3 yang sangat banyak memakan baterai adalah email client seperti Gmail dan Yahoo. Karena fitur auto-sinkronisasi di email client membutuhkan daya yang sangat banyak. Nah untuk meminimalisir penggunaan daya baterai solusinya adalah mematikan fitur auto-sinkronisasi. Jadi kamu bisa mengecek email secara biasa atau manual dan tidak akan mendapat notifikasi secara real-time.

4. Matikan Notifikasi dari Game online

Jika kamu sudah melakukan 3 point diatas maka penggunaan baterai ketika kamu bermain game online pun tidak akan terlalu banyak. Meskipun masih terasa efek baterai boros. Memang yang namanya Game Online mau tidak mau ya pasti menghabiskan banyak daya baterai. Solusinya cuma satu batasi dirimu jika ingin bermain game. Memang sulit tapi itu adalah satu-satunya solusi yang berdampak besar. Jika kamu masih pengen bermain game, kamu hanya bisa meminimalkan sedikit dari penggunaan baterai dengan cara matikan notifikasi update dari game tersebut. Kamu juga bisa memakai aplikasi seperti Power Saver. Aplikasi ini bisa meminimalkan penggunaan baterai secara otomatis. 

Oke itulah sebagian cara yang saya lakukan untuk meminimalkan penggunaan baterai pada android agar tidak cepat habis atau boros. Selebihnya akan saya jelaskan di lain waktu. Sampai jumpa

Bebas berkomentar tapi NO live link. Buat kebaikan bersama :)
EmoticonEmoticon