Samsung Galaxy A3, Ponsel Slim Untuk Kamu Maniak Selfie

Tags

Samsung Galaxy A3 merupakan ponsel besutan vendor ternama Samsung yang memiliki bodi metal seperti Galaxy A7 dan Galaxy A5. Selain mengusung body berbahan metal (logam), Ponsel yang baru dirilis pada November 2014 ini juga di prediksi akan meramaikan pasar Smartphone berbodi tipis. Dengan hardware yang bisa dibilang mumpuni, Galaxy A3 juga di topang oleh fitur-fitur handal seperti Kamera selfie lengkap yang masih tergolong fitur baru pada ponsel korea ini. Yang lebih mengejutkan Samsung Galaxy A3 dibanderol di dalam kelas mid-range yang tentunya bisa dinikmati para user Android berdompet medium. Nah lalu apa sajakah keunggulan dari Samsung Galaxy A3 ini? Berikut ini adalah penjabaran tentang spesifikasi Galaxy A3 yang kami rangkum berdasarkan desain, hardware dan fitur pentingnya.

Samsung Galaxy A3

Desain Samsung Galaxy A3

Dimensi : 130.1 x 65.5 x 6.9 mm
Bobot : 110.3 gram
Layar : 4.5" Super AMOLED, Capatitive touchsreen qHD 540x960 pixels (~245 ppi): 16M colors; Multitouch
A. Dimensi
Samsung Galaxy A3 masih tergolong dalam ponsel kategori pertama yang mengusung body logam. Dengan desain inovatif menghiasi bodi frame yang dibalut dengan metal (logam). Selain itu dari sisi belakang dan sebagian penampang depan tetap menggunakan bahan yang terbuat dari plastik. Tak hanya logam, desain Galaxy A3 juga masih terbilang slim dan ramping dengan ketebalan body sekitar 6,9mm. Dari struktur desain menyeluruh juga sangat solid dan nyaman untuk digenggam. 

Hanya saja, Samsung Galaxy A3 masih menerapkan konsep Unibody yang beberapa user tidak menyukainya. Terlebih lagi, Ponsel ini menyematkan panel kontrol dan port koneksi dibagian samping bodi. Misal saja Sim Card yang menggunakan mekanisme tray dengan sistem ejector untuk mengeluarkannya.

Ada 2 tray yang di sediakan Galaxy A3 ini. Satu untuk simcard utama dan yang kedua untuk simcard 2 plus slod microSD. Yang jadi masalah dengan adanya mekanisme adalah ketika anda ingin memanfaatkan tray yang kedua. Karena tray kedua ini menggunakan mekanisme substitue yang mengharuskan anda menggunakannya secara bergantian antara simcard 2 dan microSD. Dengan kata lain jika ingin menyisipkan simcard, otomatis anda juga harus melepas katru microSD, begitupun sebalinknya. Selain itu ponsel ini juga menggunakan kartu Nano-Sim di kedua slot tray.

B. Layar
Pada sektor screen, Galaxy A3 terbilang kurang prima. Hal ini dikarenakan layar ponsel yang hanya mendukung resolusi qHD (960x540 piksel). Padahal ponsel samsung sekelasnya sudah support HD 720p bahkan full HD 1080p. Alhasil gambar yang dihasilkan oleh ponsel ini terbialng kurang prima atau terkesan kurang solid.

Namun dibalik kekurangan pastilah ada kelebihan. Ya, dengan penggunaan layar yang hanya support qHD atau Amoled, secara tidak langsung akan sedikit meningkatkan performa dari layar ponsel galaxy A3 ini. Hal itu dikarenakan dengan memancarkan gambar yang natural dan warna natural jadi performa ponsel untuk bagian layar sedikit lebih enteng. Selain itu hal ini juga diklaim dapat meningkatkan daya tahan baterai agar tidak cepat habis.

Samsung Galaxy A3

Hardware Samsung Galaxy A3

Quad-core 1.2Ghz cortex-A53
Qualcomn MSM8916 Snapdragon 410
Adreno 306 GPU
1,5Gb RAM
16Gb built-in Storage
MicroSD up to 64Gb
Baterai Lithium 1900 mAh
Galaxy A3 mengusung spesifikasi hardware yang tak jauh beda dengan smartphone mid-range lain contoh saja Galaxy Mega 2. Kemampuan menjalankan beragam aplikasi game dan video HD tak jauh beda dengan ponsel sekelasnya. Semua fungsi ini bisa dioperasikan dengan sangat mulus tanpa kendala. Begitu juga dengan fungsi multitasking dan soal pemakainan memori.

Ponsel ini menawarkan ruang penyimapanan internal sebesar 16gb yang di gunakan untuk beberapa aspek seperti sistem, data cache dan file lainnya. Sementara itu, sisa dari internal storaga yang ada sebesar 12Gb bisa anda gunakan untuk penyimpanan data pribadi seperti foto, musik, video dan file lainnya. Memang untuk golongan ponsel kelas mid-range, ini adalah salah satu spesifikasi yang cukup terbilang memuakau. Namun anda juga jangan lupa untuk selalu menyimpan video HD dan Game besar di memori external. Hal ini untuk mengantisipasi agar ponsel tetap berjalan mulus.

Galaxy A3 membekali diri dengan sumber power dari baterai berkapasitas 1900mAh. Memang hal ini kurang sepadan jika dibandingkan dengan spesifikasi hardware yang dimilikinya. Saat di coba menjalankan beberapa fitur secara bersamaan termasuk browsing, bermain game online dan mengaktifkan fitur multimedia, baterai dari Galaxy A3 tidak akan bertahan lama alias cepat habis.

Nah untuk mengantisipasi hal ini, anda bisa memakai fitur manajemen power yang sudah tersedia secara default pada ponsel ini. Konsekuensinya interface dari galaxy A3 ini akan diatur sangat sederhana dengan hanya menggunakan tema grayscale dan memunculkan beberapa aplikasi yang penting saja (phone, message dan sebagainya).

Samsung Galaxy A3

Fitur Samsung Galaxy A3

8MP Camera (3264x2448 pixels); Autofokus; LED flash; 5MP kamera depan
Geo tagging; Touch focus; Face/smile detection; Panorama
HDR; Continous Shot (burst); Beaty face, ISO Timer; Effect
White Ballance; video 1080@30fps
Samsung Galaxy A3 memboyong kamera depan dan kamera belakang yang masing-masing berresolusi 5Mp dan 8Mp. Tentu saja kamera depan dengan resolusi sebesar 5Mp adalah sesuatu yang lebih dari cukup untuk digunakan Selfie. Selain untuk foto, tentunya kedua kamera ini mendukung kemampuan rekam video full HD 1080p.

Kamera Galaxy A3 memiliki struktur interface yang tajam serta pengaturan dan fitur utama yang tidak jauh beda dengan ponsel sekelasnya. Hal yang menarik dari fitur camera pada Galaxy A3 ini adalah pada saat anda merekam video, anda juga bisa memotret foto dengan memanfaatkan fitur suara atau menggerakkan telapak tangan saja.

Galaxy A3 memang didesain untuk anda para maniak Selfie hehehe. Pasalnya kamera diduung dengan fitur yang hebat baik itu pada kamera depan maupun belakang. Contoh saja untuk kamera depan anda bisa memanfaatkan fitur Rear-cam Selfie yang secara otomatis mendeteksi dan fokus pada wajah anda. Selain itu anda juga bisa foto dengan wide yang luas dengan fitur Wide Selfie. Ditambah lagi anda bisa mengambungkan 20 foto selfie dan langsung dijadikan animasi Gif. Seru bukan?

Nah itulah sedikit review tentang Samsung Galaxy A3 yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih dan jangan lupa untuk membaca Cek Kuota Internet Lebih Mudah Dengan Aplikasi Ini

Bebas berkomentar tapi NO live link. Buat kebaikan bersama :)
EmoticonEmoticon